Selalu ditolak pekerjaan? mungkin faktor terbesar cv kamu yang kurang menarik, simak cara membuat cv agar menarik

Posted on Posted in Uncategorized

Apakah Anda sedang mencari berburu pekerjaan? Temukan trik cara membuat cv Curriculum Vitae yang menarik agar dapat memikat perhatian dari pihak HRD dari Perusahaan yang Anda inginkan melalui artikel kali ini. Check it out

Kualitas CV Menentukan Ketertarikan HRD.

Didalam mencari pekerjaan tentunya dibutuhkan beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah surat lamaran pekerjaan yang tentu saja harus dilampirkan dengan Riwayat Hidup yang biasa disebut juga dengan Curriculum Vitae (CV).

Tahukah Anda bahwa CV biasanya diminta oleh perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk memudahkan dalam mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar kerja yang mempunyai relevansi bagian pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, CV juga dipakai oleh para pelamar kerja untuk menyampaikan kemampuan serta kompetensi yang mereka miliki pada sebuah dokumen singkat untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Melalui CV ini, maka biografi dan garis besar kehidupan kamu akan tercermin secara singkat dan menggambarkan di dalamnya termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Anda yang menjadi referensi bagi pihak perusahaan yang akan mewawancarai Anda. Namun demikian, seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan saksama dan bahkan tidak diminati oleh pihak HRD karena kualitas CV yang kurang menarik.
Melalui ulasan berikut ini, mari kita simak bagaimana membuat CV yang baik dan menarik untuk dibaca sekaligus memikat hati bagian HRD yang akan melihat CV tersebut sebelum memasuki prosedur interview.

#1 Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari penjelasan secara mendetail tentang industri dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Tentu saja jenis pekerjaan itu adalah yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Anda dapat mencari via online atau menanyakan informasi kepada teman-teman dan kenalan Anda. Catatlah segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang perusahaan yang mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja selama rentang waktu yang dikhususkan.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu segala informasi mengenai visi, misi dan nilai-nilai serta etos kerja yang diimplementasikan dalam perusahaan tersebut. Melalui macam informasi tersebut, Anda dapat memilah , industri mana yang akan Anda tuju untuk dikirimkan surat lamaran berikut dengan CV Anda.

#2 Ketahui Isi CV secara Umum

  • Mungkin bagian ini sebagian besar orang sudah mengetahuinya , namun bagi para freshgraduate, informasi ini akan sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan riwayat hidup Anda yang akan Anda cantumkan di dalamnya. Hati-hati dalam menyusun agar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut.
    Pada umumnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:
    Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
  • Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
  • Personalitas – gambaran singkat karakter diri Anda.
  • Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
  • Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
  • Training/Pelatihan Terbaru – pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
  • Informasi Lain tentang Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

#3 Mulai Membuat CV

Strategi awal dalam membuat CV adalah tentukan desain yang menarik yang akan Anda gunakan. Berbagai contoh desain atau format CV dapat Anda cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”. Anda disarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan gabungan warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang dapat dipahami oleh pembaca.

Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada point 2 di atas adalah

  • Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.
  • Tulis jenjang pendidikan.
  • Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
  • Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran Anda.
  • Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca. Cantumkan juga berbagai pelatihan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
  • Cantumkan informasi tentang diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat Anda bekerja sebelumnya.

 

#4 Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan dalam CV

Tahap selanjutnya adalah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kecacatan dan memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi, tanpa ada tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di website internet.

#5 Analisis CV Anda

Dalam menganalisis CV yang telah Anda buat, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut. Agar lebih objektif dalam penilaiannya, Anda harus mengesampingkan diri Anda dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.
Langkah berikutnya, Anda dapat meminta bantuan teman atau sahabat Anda untuk menilai CV yang telah Anda buat. Buat perbandingan penilaian antara penilaian yang telah Anda buat dan penilaian yang teman Anda buat. Setelah itu, Anda dapat memutuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang ditemukan.

Awali Langkah Awal dengan Sukses

Langkah-langkah tersebut di atas sebetulnya masih dalam langkah awal dalam proses lamaran Anda kepada perusahaan karena Anda harus menempuh proses dan prosedur perekrutan kerja selanjutnya yang diatur oleh perusahaan yang bersangkutan. Awali langkah tersebut dengan membuat CV yang menarik perhatian dari pihak HRD agar Anda dapat masuk ke dalam prosedur selanjutnya. Selamat membuat CV dan mempersiapkan diri untuk wawancara!

Apakah Anda pernah membuat CV dan melamar pekerjaan? Bagikan pengalaman berharga Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap informasi dari artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan kenalan Anda. Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *